Seperti yang kita ketahui bahwa dosa itu terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  • Dosa Besar
  • Dosa Kecil

Tapi ternyata dari seluruh dosa besar yang kita ketahui ada 3 dosa TERBESAR dari dosa-dosa besar apa itu?

  • Syirik atau menyekutukan Allah

yah… semua orang tahu bahwa ini merupakan dosa yang sangat-sangat besar bahkan masuk kedalam the bestnya dosa terbesar. Allah akan mengampuni semua dosa-dosa kita baik yang besar maupun yang kecil asal bukan Syirik.

  • Durhaka kepada orang tua

kok durhaka kepada orang tua bisa masuk sih? ya bisa donk soalnya seperti yang kita ketahui bahwa ridho Allah tergantung kepada ridho orang tua jadi sedapat mungkin kita jangan sampai menyakiti hati kedua orang tua kita terutama ibu.

  • Bersaksi Palsu

waduh bersaksi palsu juga masuk? iya bersaksi palsu adalah hal yang di benci Allah jadi kalo ada yang mau bersaksi palsu hati-hati looooo, ingat jangan mau bersaksi palsu ingat hukuman Allah.

Bagaimana caranya supaya Allah mau mengampuni dosa-dosa besar kita?

  • Taubat

seperti yang kita ketahui dengan bertaubat kita mampu meraih ampunan Allah, kalo kita mau bertaubat tidak perlu dengan mendirikan shalat taubat karena hadist tentang shalat taubat itu lemah jadi yang terpenting dalam taubat adalah rasa menyesal kita karena telah melakukan perbuatan dosa jauh lebih baik daripada shalat taubat.

  • Tidak Mengulangi Lagi Perbuatan yang Sama

lanjutan dari taubat tadi kalo kita sudah menyesal dengan perbuatan dosa kita jangan kita mengulagi lagi dosa yang tadi.

kenapa ga boleh?

karena taubat kita jadi terkesan ga ada gunanya

tapi kan Allah maha pengampun lagi maha penyayang?

yeeee… jangan kita berharap kalo setiap kita melakukan perbuatan maksiat trus kita taubat habis itu maksiat lagi nah kalo yang seperti itu taubat kita ga akan diterima.

kok ga diterima?

karena kita terus mengulanginya.

  • Harus Melakukan Kebaikan-kebaikan

untuk membuktikan bulatnya tekad kita untuk bertaubat kepada Allah mari kita melakukan sampingan lain yang bisa membuat Allah yakin kepada kita yaitu dengan berbuat kebaikan dan amal shalih.

Apa aja sih akibat dari perbuatan dosa itu?

  • Jauh dari pertolongan Allah
وَقِيلَ يَا أَرْضُ ابْلَعِي مَاءكِ وَيَا سَمَاء أَقْلِعِي وَغِيضَ الْمَاء وَقُضِيَ الأَمْرُ وَاسْتَوَتْ عَلَى الْجُودِيِّ وَقِيلَ بُعْداً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ
Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas bukit Judi , dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim”.(QS.11:44)
  • Menjadikan hidup tidak beberkah
وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُواْ وَاتَّقَواْ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَاتٍ مِّنَ السَّمَاء وَالأَرْضِ وَلَـكِن كَذَّبُواْ فَأَخَذْنَاهُم بِمَا كَانُواْ يَكْسِبُونَ
Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.(QS.7:96)
  • Membuat rusak lingkungan hidup

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (QS.30:41)
About these ads