Sebagian pemuda ada yang hidup sambil menyia-nyiakan waktunya sendiri atau menyia-nyiakan waktu orang lain, dengan cara membangunkan mereka saat sedang tidur, mengejutkan hati mereka, atau mempermainkan harga diri dan kehormatan mereka.

Diantara mereka ada yang menghabiskan waktunya sambil memegang telpon untuk menelpon siapa saja tanpa tujuan yang pasti. Semua itu dilakukan hanya karena main-main dan membuang-buang waktu. Atau mungkin sedang iseng mencari gadis lain.

Seorang pemuda ada yang merasa gembira saat menghubungi siapa pun secara ngawur melalui telpon. Kemudian suara yang keluar dari saluran telpon itu terdengar suara laki-laki atau perempuan. Selanjutnya dia mengajak ngobrol diantara mereka, atau hanya sekedar mengejutkan saja!!

Terkadang dia iseng mencari gadis atau mengganggu perempuan-perempuan yang hidup tenang di rumah mereka. Dia mengira bahwa apa yang dilakukannya itu dapat menghibur orang lain.

Pemuda ini telah membuang-buang waktunya dengan sia-sia karena mengganggu ketenangan orang lain. Kemungkinan dia sangat menikmati ketika mendengarkan cacian orang lain yang ditujukan kepadanya dalam setiap pembicaraan lewat telpon tersebut.

Ya Allah, saya ingin bertanya kepada kalian :

  • Apakah seperti ini sosok seorang pemuda yang ideal ?
  • Apakah waktu hanya digunakan untuk hal-hal yang demikian ?
  • Apakah hanya untuk persoalan ini saja kalian diciptakan ?