• Jika anda seorang suami, jangan sekali-kali meninggalkan istri dan anak-anak anda saat akhir pekan tanpa kehadiran anda sebagai kepala keluarga. Sebagian pemuda pada akhir pekan biasanya berlibur bersama pemuda-pemuda lain yang sebayanya, dimana pemuda itu ternyata sudah berkeluarga sehingga tega meninggalkan istri dan anak-anaknya sendirian di rumah, dan dengan sabar mereka menunggu kapan kembalinya pemuda itu yang kini telah menjadi kepala keluarga.
  • Sebagian pemuda ada yang memiliki sifat cekatan dan ringan tangan bersama dengan teman-temannya, namun bila dia sudah berada di rumah sifat-sifat tersebut berubah menjadi kasar dan jahat. Janganlah anda menjadi seseorang yang memiliku dua wajah : satu sisi anda menampakkan wajah lembut dan sopan saat bersama teman-teman anda, sedang disisi lain anda menampakkan wajah cemberut saat bersama istri dan anak-anak anda. Terkadang anda menjumpai seseorang yang disanjung orang banyak karena sifatnya yang mudah lapang dada, akhlaknya terpuji, dan menampakkan wajah yang ceria saat berkumpul dengan orang banyak.Akan tetapi, apabila sudah sampai di rumah, dia menyeringai seraya menampakkan sifat bengis, sehingga ketika dia berkumpul bersama keluarga dia menjadi pemarah dan tampak tolol. Maka sifat lembut tersebut berubah menjadi sifat kasar, dan wajah ceria berubah menjadi cemberut!! Kini dia tidak sanggup lagi menanggung kebutuhan istrinya dan tidak sabar atas banyaknya permintaan anaknya. Jika istrinya berbuat salah, dia akan berteriak marah di hadapan istrinya. Jika istri bertindak benar, dia akan mencari-cari aib istrinya. Jika anaknya banyak permintaan, dia tak segan-segan memukulnya. Jika anak melawan dia akan mengusirnya!! Pada akhirnya, istri dan anak-anaknya senang bila dia, sebagai seorang ayah pergi meninggalkan rumahnya. Dengan begitu, keadaan mulai tentram kembali, jiwa terasa tenang, dan hati terasa lapang.
  • Sebagian pemuda ada yang sangat royal terhadap teman-temannya. Akan tetapi, ketika sudah berada di rumah dia pelit sekali. Dia enggan mengeluarkan uang untuk kebutuhan rumah tangganya yang semestinya menjadi kewajibannya. Dia amat pelit dan kikir, serta tidak ada perhatian sama sekali terhadap istri dan anak-anaknya. Adapun terhadap teman-temannya dia sangat royal dan murah hati.
  • Jangan sekali-kali anda menghina istri anda. Karena sesungguhnya setiap hinaan yang ditujukan kepadanya, akan membekas di hati dan akalnya. Adapun penghinaan paling besar yang membuat istri anda tidak akan mau mengampuni anda baik hati maupun lisan adalah, ketika anda emosi lalu memukul dirinya, atau anda mencacinya, atau anda menghina ayah dan ibunya di hadapannya.
  • Jika anda mempergauli istri anda dengan sebaik-baiknya pergaulan, niscaya dia akan berbuat baik kepada anda. Tunjukkan sikap anda bahwa anda lebih mengutamakan dirinya ketimbang diri anda sendiri. Anda senantiasa berusaha membuat dirinya bahagia, memperhatikan kesehatannya, rela berkorban demi dirinya terutama di saat dia sedang sakit.
  • Hendaklah anda bersikap lurus dalam hidup anda, maka istri akan mengikuti sikap anda.
  • Hati-hati jangan sampai anda membangkitkan kecemburuan hati istri anda, dimana ketika sedang bicara berdua anda mengungkapkan keinginan anda untuk menikah lagi, atau anda sedang mengagumi perempuan lain. Karena hal itu akan menyakiti lubuk hati istri anda yang paling dalam.
  • Hendaklah anda bersyukur jika istri anda memiliki sifat terpuji. Berapa banyak seorang laki-laki yang bertambah ketaatannya daam beragama karena melihat istrinya yang berpegang teguh pada agama dan akhlak, yang mana kesemuanya itu tercermin dalam setiap perilakunya yang mulia.
  • Hendaklah anda bersikap tenang dan jangan mudah arah. Sifat pemarah dapat meyulut pertikaian.
  • Pujilah istri anda ketika mengerjakan suatu perbuatan yang memang layak mendapat pujian.
  • Hendaklah anda mendengarkan dengan seksama perkataan istri anda
  • Hati-hati dengan hubungan antara sesama orang lain yang tidak diperkenankan oeh agama. sering kali kehancuran rumah tangga dipicu oleh hubugan terlarang tersebut.
  • Hendaklah cinta anda tidak berat sebelah antara istri, orangtua anda dan keluarga anda.
  • Terhadap istri anda, hendaklah anda benar-benar mencintainya dalam setiap sendi kehidupan.
  • Hendaklah anda menundukkan pandangan sehingga tidak mencela kekurangan yang ada pada istri anda.
  • Hendaklah anda mendengarkan kritik istri anda dengan lapang dada.
  • Hendaklah anda bersikap baik kepada istri dan anak anda.