Ada sebagian pemuda kita yang menghabiskan waktunya berjam-jam di internet untuk sekedar chatting. Dia berbicara tentang ini dan itu, menggoda hati gadis-gadis lain, menipu mereka dengan janji manis. Waktu yang dia miliki hanya dihabiskan untuk obrolan-obrolan kosong sehingga membuang waktunya dengan cuma-cuma!

Cobalah bertanya kepada diri anda sendiri ketika duduk di depan komputer untuk mengakses internet :

  • Apakah anda memperoleh informasi yang bermanfaat ?
  • Atau dapat mengembangkan program anda ?
  • Atau dapat menyusun sebuah tulisan ?
  • Atau dapat memanfaatkan nasehat-nasehat ?
  • Atau anda dapat menasehati saudara dan teman anda tentang kebaikan, ketaatan dan keimanan ?

Jika anda dapat berbuat demikian, anda benar-benar termasuk orang yang berhak mendapat pujian dan balasan dari Allah. Juga anda termasuk orang yang sanggup memanfaatkan fasilitas internet dengan baik. Anda, dengan izin Allah, akan berada dalam jalur kebahagiaan.

Ada seorang pemuda yang pandai usil mencampuri urusan orang lain yang diselidikinya saat berbicara melalui telpon, atau melalui peralatan komputer yang dilakukan dengan sembunyi-sembunyi. Apa yang sedang dikerjakannya mengukuhkan dirinya yang punya kemampuan untuk mengorek rahasia pribadi orang lain. Dia telah mengganggu kepribadian orang lain, sementara dia mengira bahwa apa yang dilakukannya itu termasuk kebaikan. Dia telah menyakiti orang lain.