Jangan bersedih karena hidup miskin, karena masih banyak orang di sekitar anda yang hidup dililit utang! Jangan bersedih karena tak punya mobil, sebab masih banyak orang di sekitar anda yang kakinya buntung. Jangan bersedih karena suatu penyakit, karena masih banyak orang selain anda yang mungkin telah bertahun-tahun tergolek lemas di atas ranjang. Jangan bersedih karena kehilangan seorang anak, sebab anda bukan satu-satunya orang yang kehilangan anaknya.

Jangan bersedih, bila anda memang seorang muslim yang beriman kepada Allah, para rasul-Nya, malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, hari kiamat dan qadha’ serta qadar yang baik dan yang buruk! Karena masih banyak orang kafir yang mengingkari Allah, mendustakan rasul-rasul-Nya, memutarbalikkan makna Al-Qur’an, dan tak mempercayai Hari Kiamat, serta ingkar terhadap qadha dan qadar.

Jangan bersedih! Kalau memang anda tak sengaja telah berbuat dosa, cepatlah bertaubat; kalau anda telah melakukan kejahatan, mintalah ampunan-Nya; dan kalau anda telah melakukan satu kesalahan, perbaikilah kesalahan itu. Bagaimanapun, rahmat dan kasih sayang Allah tak terhingga luasnya, pintu ampunan-Nya selalu terbuka dan ampunan-Nya senantiasa melimpah ruah.

Jangan bersedih, karena kesedihan hanya akan menyebabkan syaraf cepat letih, jiwa mudah terguncang, hati menjadi lemah dan pikiran tak terarah.