Jangan mengungkit-ngungkit aib dan rahasia orang lain. Terkadang sebagaian orang ada yang menghabiskan waktunya untuk sekedar bertanya-tanya, “kenapa fulan mentalak istrinya? Mengapa dia sampai hati berbuat begitu? Kenapa fulan dipecat dari jabatannya? Mobil model apalagi yang dibeli si fulan? Berapa banyak rumah dan tanah yang dimiliki di fulan?” kenapa waktunya dihabiskan untuk membicarakan persoalan ini? Lalu apa yang bisa diambil manfaat darinya?

Jika anda seorang pelajar, jangan mengungkit-ngungkit keburukan guru anda. Siapa diantara kita yang tidak pernah berbuat salah. Rasulullah bersabda,

“Setiap manusia pasti melakukan kesalahan (dosa). Sebaik-baiknya orang yang bersalah (berdosa) adalah mereka yang bertaubat kepada Allah” (HR. Tirmidzi)

Jika anda telah beristri, jangan membicarakan istri anda, baik tentang sifat-sifatnya maupun kebiasaannya kepada orang lain.

Hal ini biasanya sering terjadi saat sekelompok ibu-ibu berkumpul yang biasanya dibawah pohon saat menunggu anak-anak mereka yang sedang bersekolah