Disini ada beberapa faktor yang memicu tersebarnya penyelewengan diantara para pemuda. Faktor-faktor itu adalah :

1. keringnya spiritualitas dan hampanya pikiran

2. hilangnya atau melemahnya sikap yang bijaksana dari setiap individu maupun negara

3. menyalahgunakan arti kebebasan

inilah faktor-faktor yang tampak pada masyarakat barat. Sehingga berkembang beberapa komunitas pemuda yang berdiri tidak berdasarkan agama atau akidah, tetapi komunitas yang mereka bentuk termasuk “pemuja setan”

Maka kin yang populer di seluruh dunia adalah – cara pandang kounitas remaja yang meniadakan rasa malu, tidak punya rasa kesadaran, dan mengobarkan semangat solidaritas merupakan simbol gerakan mereka. Simbol gerakan ini diusung oleh kelompok yang biasanya tenggelam dalam hubungan seksual yang keji, mengkonsumsi obat bius, melakukan tindakan kejahatan, menentang masyarakat dan penguasa mereka, dimana penyelewengan itu menunjukkan cara pandang mereka yang meremehkan asas dan nilai kemanusiaan.

Perilaku-perilaku yang meresahkan juga tampak saat mereka bermain musik dengan diiringi suara keras, berjoged seraya tidak sanggup lagi mengendalikan emosi, berteriak-teriak seperti orang gila, tenggelam dalam gelombang kekerasan, enggan mengikuti tradisi usang, tidak memperhatikan kondisi fisik.

Penyelewengan terus-menerus dilakukan para pemuda dan ini tampak saat mereka memakai baju dilumuri cat dan rambut yang tidak dipelihara. Rambut mereka dipotong dengan gaya yang aneh!!!

Para pemuda juga senang berpetualang dan ini dilakukan saat berwisata seraya membawa tas ransel yang ditaruh dipundak mereka. Mereka ingin menjelajahi bumi. Diantara mereka tidak lagi dibedakan antara laki-laki dan perempuan, semuanya campur menjadi satu. Mereka terkadang berjalan tanpa tujuan, dan tidak ada tempat tertentu yang mereka tuju. Hubungan mereka dengan keluarga dan saudara terputus. Mereka bangga dengan jenggot dan rambut yang panjang. Ada sikap yang berlebihan saat mereka tiba di suatu tempat tertentu, seolah-olah tempat itu boleh bagi mereka untuk melakukan hubungan seksual dan telanjang. Juga ada pemuda yang sikapnya seperti seorang wanita, begitu pula sebaliknya. Akhirnya, segala penyelewengan dan kejahatan marak di jalan-jalan. Disana-sini ada pembongkaran dan penangkapan pelaku kriminal, serta tindakan-tindakan yang mencemarkan harga diri.