Kelembutan Allah betapapun lama masanya terasa bagaikan kedipan mata bila mata memejam.

Wahai saudariku, sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan dan sesudah tangisan ada senyuman. Sesungguhnya sesudah malam ada siang; mendung kesusahan akan segera lenyap; malam kesusahan akan menjadi terang; semua bencana pasti akan lenyap; dan segala kesulitan pasti akan berakhir dengan izin Allah.

Ketahuilah bahwa sesungguhnya anda akan memperoleh pahala. Jika anda seorang ibu, sesungguhnya anak-anak anda kelak akan menjadi orang-orang yang memperkuat islam, menolong dan membelanya, bila anda mendidik mereka dengan baik. Kelak mereka akan mendoakan anda dalam shalatnya di penghujung malam hari. Sesungguhnya merupakan suatu nikmat yang besar bila anda menjadi ibu yang pengasih lagi penyayang dan cukuplah menjadi kehormatan dan kebanggaan bagi anda bahwa Ibunda Rasulullah saw, Aminag binti wahb, adalah seorang ibu yang melahirkan seorang pemimpin besar untuk umat manusia.

Sesungguhnya anda mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang wanita yang mengajak semua putri bangsa anda untuk kembali kepada manhaj Allah dengan tutur kata yang lembut, nasehat yang baik, cara yang bijak, dan bantahan yang lebih baik, dan pelajaran yang mulia lagi berguna. Sesungguhnya seorang wanita dapat berbuat melalui sepak terjangnya dan pengetahuannya yang baik, yang tidak dapat dilakukan melalui berbagai khutbah, ceramah dan pelajaran. Berapa banyak wanita yang tinggal di salah satu daerah pedalaman mampu menjadi contoh yang baik dalam keteguhan berpegang pada agama, rasa malu, hijab, akhlak yang baik, belas kasihan kepada tetangga dan taat kepada suami. Akhirnya, sepak terjangnya yang harum menjadi bahan ceramah dan pelajaran yang dikemukakan di berbagai majelis pertemuan dan menjadi teladan yang baik bagi putri-putri bangsa.