Mereka tidak mengira

bahwa sesudah kebaikan ada keburukan

dan mereka tidak mengira bahwa keburukan itu

merupakan kepastian yang tidak dapat ditawar-tawar lagi

Ini merupakan pesan indah yang dapat membantu mengusir kecemasan dan mendorong anda untuk meraih kesuksesan dalam hidup secara menyeluruh dan juga membantu anda memelihara hubungan dan hidup bahagia bersama keluarga. Orang yang memiliki cakrawala yang luas akan memahami berbagai macam karakter orang lain, mengantisipasi berbagai perubahan, berkemampuan menyesuaikan diri dengan orang lain, dan dapat membaca berbagai situasi, baik yang tersembunyi maupun yang jelas.

Berkaitan dengan topik kecemasan ini, seseorang yang berwawasan luas dapat memahami berbagai urusan dan mengetahui bagaimana harus berbuat saat mendapat problem atau ketika apa yang diinginkannya tidak teralisasi. Ia akan memahami bahwa memang demikianlah karakter kehidupan, yaitu bahwa ‘tiada seorangpun yang beroleh kerehatan di dalamnya’. Ia akan memahami bahwa manusia itu adakalanya membenci sesuatu, padahal di dalamnya terkandung kebaikan baginya dan adakalanya dia merasa senang dengan sesuatu, padahal di dalamnya terkandung keburukan baginya. Ia juga akan menyadari bahwa sesungguhnya kebaikan itu hanya ada pada apa yang telah dipilihkan oleh Allah SWT.

Orang yang berwawasan luas menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari semesta alam yang luas ini. Ia akan menyadari bahwa dirinya pasti akan beroleh kepedihan dan kesedihan sebagaimana ia akan beroleh kebahagiaan. Oleh karena itu dala sepak terjangnya dia tidak akan pernah terkejut atau mengeluh dalam menghadapi segala sesuatu. Selain itu, ia tidak akan pernah merasa tertekan sebagimana yang biasa dirasakan oleh orang yang sempit wawasannya. Orang yang berwawasan sempit mengira bahwa keburukan atau problem yang dialaminya hanya menimpa dirinya sendiri, atau ia mengira bahwa orang-orang lain menekannya, atau mengira bahwa nasibnya selalu sial selamanya. Berbeda halnya dengan orang yang berwawasan luas, ia tidak pernah merasakan sesuatu pun dari hal tersebut. Dia hanya mengetahui karakter kehidupan ini bahwa dirinya merupakan bagian darinya. Oleh karena itu, ia selalu bersikap ridha dengan apa yang diraihnya sesudah mengerahkan segala kemampuannya dalam rangka merealisasikan yang lebih utama.

Kata Mutiara Hari Ini

Berbahagialah sekarang, bukan esok hari!

Berbahagialah anda dengan apa yang anda miliki

dengan rasa qana’ah dan puas

atas apa yang diberikan Allah kepada anda

tinggalkanlah angan-angan kosong yang tidak sesuai

dengan jerih payah atau kemampuan anda