Rasa lapar dapat diusir dengan roti kering

maka mengapa aku harus banyak menyesal dan ragu

Ajukanlah kepada diri anda sendiri beberapa pertanyaan berikut dan jawablah dengan parameter ratio yang sehat.

  • Sadarkah anda bahwa anda akan melakukan perjalanan tanpa kembali lagi? Apakah anda telah membuat persiapan untuk menyambutnya?
  • Sudahkan anda membekali diri anda dalam dunia yang fana ini dengan berbagai amal shaleh untuk menghibur keterasingan anda di alam kubur nanti?
  • Berapakah usia anda sekarang dan berapa lama lagikah anda akan hidup? sadarkah anda bahwa tiap-tiap sesuatu itu ada  permulaan dan kesudahannya, dan bahwa kesudahan yang akan anda alami adalah surga atau neraka?
  • Pernahkah anda membayangkan bahwa para malaikat turun dari langit untuk mencabut nyawa anda, sedang anda dalam keadaan lalai lagi sia-sia?
  • Pernahkah anda membayangkan selama hidup anda terjadinya hari itu dan detik-detik terakhir hidup anda, saat anda berpisah dengan sanak dan keluarga, saat anda berpisah dengan  orang-orang yang anda kasihi dan teman-teman anda? Sesungguhnya saat itu maut datang kepada anda? Sesungguhnya saat itu maut datang kepada anda dengan membawa sekarat, kekerasan pencabut nyawa, dan segala penderitaannya. Sesungguhnya saat itu adalah hari kematian anda, saat anda menghadapi kematian.

Sesudah ruh anda berpisah dari tubuhnya, dibawalah jenazah anda ke tempat memandikan mayat, lalu anda dimandikan dan dikafani. Sesudah itu jenazah anda dibawa ke masjid untuk di shalatkan, kemudian jenazah anda dipanggul di atas pundak beberapa orang lelaki … untuk dibawa ke mana?

Tentunya dibawa ke kuburan, yaitu sebagai permulaan dari tahapan hari akhirat. Selanjutnya, adakalanya tempat peristirahatan anda berubah menjadi salah satu taman dari taman-taman surga atau berubah menjadi salah satu dari jurang di antara jurang-jurang neraka.

Kata Mutiara Hari Ini

Petiklah pelajaran dari kegagalan anda