Cara menyukseskan shalat ada 3 yaitu:

  1. Khasiun (khusyu)

Khusyu’ wah keliatannya sulit sekali ya bisa shalat khusyu’ tapi sebenarnya apa sih arti dari kata khusyu itu? Arti dari kata khusyu itu tenang dalam shalat, trus kalo masalah pikiran kita melayang-layang kesana-kemari itu adalah hal yang biasa sedangkan sahabat nabi saja tidak ada yang shalatnya 100% khusyu’ tetapi kalo saat shalat kita melaksanakan shalat dengan sempurna, tidak garuk sana garuk sini, goyang sana goyang sini, dan tidak ada rakaat yang terlupakan maka shalat kita sudah bisa dikatakan shalat yang khusyu’.

Tinggal bagaimana kita mengurangi memikirkan dunia saat shalat, perlahan-lahan tapi pasti anda bisa memperbanyak mengingat Allah ketimbang memikirkan kompor yang sudah dimatikan atau belum,  tadi dompet  taruh dimana atau malah khawatir tidak kebagian makanan. Naaah hal tersebut kalau kita sering shalat pasti lama-lama akan berkurang. Intinya jangan putus asa.

  • Hafizun (memelihara shalat)

Bagaimana caranya memelihara shalat? Gampang sekali, saat mendengar adzan segeralah berwudhu tinggalkan sebentar pekerjaan kantor anda demi beribadah kepada-Nya. Walaupun kerjaan kantor anda menggunung jangan takut ga selesai kalau anda tinggal shalat justru setelah shalat pikiran anda menjadi segar kembali, tenang dan bahagia karena telah bertemu dengan Dzat yang begitu mencintai anda sampai-sampai Dia bermurah hati memberikan kehidupan kepada anda . Jadi kerjakanlah shalat tepat pada waktunya jangan dimundur-mundurkan waktunya atau malah mengerjakannya menjelang akhir waktu shalat dengan pemikiran “ah yang penting kan shalat” itu salah besar. Karena saat anda mengucapkan kata-kata itu tandanya setan telah berhasil mengalahkan anda.

Masa sama setan aja kalah!!! Gak mau kan kalah dari setan? Kalo ga mau ayo shalat tepat waktu

  • Da’imun (tetap mengerjakan shalat)

Saat lapang maupun sempit, saat sehat maupun sakit, saat bahagia maupun menderita, ingat jangan lupakan shalat. Tunjukkan kebulatan tekad anda mengalahkan setan dalam ibadah, walaupun sakit jangan menyerah justru dengan shalat sakit kita bisa disembuhkan, saat menderita jangan lupa shalat karena penderitaan kita bisa hilang karena shalat, saat bahagia jangan lupa shalat karena kebahagiaan kita akan ditambahkan karena shalat, dan yang sehat masa iya kalah sama orang sakit?

Jangan berhenti shalat, terus jangan nyerah kita baru bisa berhenti shalat nanti saat kita sudah di dalam kubur.