<!– /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:””; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-ansi-language:EN-GB; mso-fareast-language:EN-GB;} @page Section1 {size:595.3pt 841.9pt; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:35.4pt; mso-footer-margin:35.4pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} –>
/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:10.0pt;
font-family:”Times New Roman”;
mso-ansi-language:#0400;
mso-fareast-language:#0400;
mso-bidi-language:#0400;}

Sombong, congkak, takabur merupakan penyakit yang saling berhubungan dan berkaitan.

Tidak terdapat indikasi nyata pada diri si pelaku, sebab orang yang terjangkit penyakit ini terlihat sama seperti orang sehat lainnya. Hanya saja mereka merasa istimewa, sukses, percaya diri, merasa lebih baik dari orang lain, berkedudukan tinggi di masyarakat, dan tidak merasa membutuhkan orang lain pada saat orang lain membutuhkannya.

Penyakit-penyakit ini mengeruhkan keberdihan hidup karena semua tata cara islami menekankan kepada setiap muslim bahwa berbuat baik kepada sesama manusia sama seperti berbuat baik kepada diri sendiri, begitu juga sebaliknya berbuat jelek kepada orang lain sama seperti berbuat jelek kepada diri sendiri.

Penyembahan kepada Allah mengharuskan setiap mukmin tidak hanya untuk menyembah kepada Allah saja, melainkan juga harus memperhatikan diri sendiri, berprasangka baik kepada sesama manusia, merendah, serta mengetahui kesalahan yang ia perbuat dan lain sebagainya.

Semua sifat ini tidak ada atau sangat lemah di dalam diri orang-orang yang sombong dan congkak atas apa yang mereka miliki serta takabur terhadap orang lain.

Penyakit seperti ini menjadikan seseorang melawan diri sendiri dan keluar dari fitrah yang telah ditentukan oleh Allah Swt kepada manusia.

Oleh sebab itu, dari masa ke masa seseorang yang sombong dan takabur merasa bahwa dirinya tidak berada pada tempat yang benar, terlebih lagi ia melihat penolakan dan sikap dingin orang lain kepadanya. Anggota keluarganya tidak dapat merasakan apa yang ia rasakan, sehingga menggerogoti batinnya dan lama kelamaan akan memperkeruh keindahan hidupnya yang menjadikannya membutuhkan pengobatan atas penyakit yang menimpanya.