Untuk urusan yang satu ini, yang namanya cewek menjadikannya sebagai ritual wajib harian. Kayaknya kurang pede gitu, kalau enggak dandan. Apalagi kalau mau jalan-jalan, ke pesta teman atau sekedar nongkrong di kafe.

Gimana ya … cewek tanpa dandan rasanya seperti sayur tanpa garam, hambar gitu loh! Begitu komentar seorang teman saat ditanya kebiasannya yang hobi banget dandan.

Ada juga yang bilang kalau nggak dandan kita jadi kurang trendi, seperti cewek-cewek “kampung nan juah di mato”. Makanya kalau ada survey tentang anggaran terbesar seorang cewek, pastilah urusan penampilan yang menempati urutan tertinggi. Gimana nggak, lihat aja deh perlengkapan dandan yang biasa dipakai. Milk cleanser, astrigent, pelembab, alas bedak, bedak, lip gloss, lipstik, eye shadow, perona pipi, maskara, lulur, handbody, pemutih kulit, sampai pewarna kuku !

Permak muka saja masih nggak cukup untuk menunjang penampilan, beragam aksesories pun dipakai. Sepatu, baju, dan tas pun harus matching juga lo sama dandanan. Tidak ketinggalan pula parfum, nggak enak deh kalau si BB atau burket mengacaukan kesempurnaan penampilan kita, pergaulan jadi terhambat, pasaran bisa turun drastis deh.

Duh cewek, kenapa sih masih terpaku sama kecantikan palsu begitu ? Apalagi kamu jadi korban mode, diperbudak oleh nafsu. Setiap ada dandanan terbaru kamu ikut, mode rambut mutakhir kamu manut. Habis deh, rambut ikal kamu rebonding, lalu alis tebalmu dicukur, diganti dengan alis buatan yang posisinya lebih tinggi, hidung dimancungin dikit biar proporsioanal, lalu terus dan menerus kamu berubah mengikuti mode yang lagi trendi. Sampai kapan ??

Semua perkembangan tren dan mode begitu tak akan pernah ada habisnya. Lama kelamaan kamu kehilangan jati diri lo !

Kalau sudah begitu, yang paling diuntungkan adalah produsen kosmetik cs, majalah-majalah mode, bahkan televisi kebanjiran iklan, tinggal kamu yang terus menerus merogoh kocek sampai gigit jari. Mending kalau duit sendiri, lha ini masih minta ortu.

Dalam Al-Qur’an, aturan dandan sudah diatur lo. Islam kan agama terkeren, apapu pasti ada aturannya. Surat Al-Ahzab ayat 33 di sebagian ayatnya menyebutkan bahwa janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah terdahulu.

Ingat nggak, kalau sebelum islam diturunkan perempuan-perempuan arab selalu berdandan cantik dengan baju yang udelnya kemana-mana kelihatan. Eh zaman sekarang malah back to jahiliyah. Lihat aja cewek-cewek di tv atau yang mejeng di majalah itu. Udah pake you can see udelnya kelihatan lagi.

Aturan lainnya adalah, janganlah kamu menampakkan perhiasan kecuali yang biasa nampak padanya dan hendaklah mereka menutupkan kerudung ke dadanya … (QS. An-Nur : 31). Jelaskan kalau kecantikan itu tidak untuk dipamerkan di muka umum ? dan perintah memakai jilbab itu wajib hukumnya lho, bukan tradisi orang arab !

Kecantika terindah untuk seorang perempuan yang terindah adalah bersumber dari dalam hati alias inner beauty. Hati yang selalu bersih dan bebas dari virus iri dan dengki sama orang, ditunjang dengan keimanan dan ketakwaan pada Allah, akan memancarkan kecantikan pada wajah kita.

Tapi jangan mentang-mentang kita lebih mementingkan kecantikan hati, lalu tidak memperhatikan kecantikan fisik kita. Jerawat dibiarin tumbuh subur tidak terkendali, BB tercium kemana-mana dan malas mandi !! hiiyy

Jangan mogok begitu donk, memelihara kecantikan fisik itu harus lo, tapi harus dibedakan dengan dandan. Dandan atau rias wajah cenderung menutupi kekurangan wajah kita dengan kecantikan palsu.

Coba perhatikan rias wajah artis untuk menutupi muka yang berjerawat diperlukan dempul khusus setebal beberapa mili, lalu pakai alas bedak, belu lagi bedaknya, pemerah pipi dan sebagainya.

Palsu kan?! Padahal yang begitu bisa jadi justru merusak wajah lo …

Tapi kalau kita berusaha memelihara kecantikan wajah secara alami, rajin membersihkan wajah sesudah bepergian dan ketika akan tidur, mengobati jerawat dengan obat yang sesuai (jangan dipencet), memakai masker buah-buahan seminggu sekali, memakai pelembab ringan untuk melindungi wajah saat beraktivitas di luar dan memakai bedak yang cocok untuk menutupi pori-pori agar terhindar dari radikal bebas itu, akan membantu melindungi kecantikan wajah kita. Nggak perlu memakai riasan wajah dekoratif pun wajah kita sudah kelihatan cantik.

Allah Maha Indah dan senang pada sesuatu yang indah. Jadi sekali lagi, jadilah cewek yang terindah dengan kecantikan yang alami.