Hal-hal yang bertentangan dengan akidah

Qais ibn Sukni al-Asadi menuturkan bahwa ketika Abdullah ibn Mas’ud melihat istrinya memakai jimat dari batu berwarna merah, ia pun merampas jimat itu dengan kasar. Katanya, ‘keluarga Abdullah jauh dari hal-hal yang berbau syirik! Rasulullah saw telah mengajarkan kita bahwa ruqyah, jimat dan pelet adalah syirik’ (HR. Hakim)

Keterangan Hadist

Yang dimaksud dengan ruqyah di dalam hadist ini adalah ruqyah yang bertentangan dengan syariat, seperti meminta bantuan kepada jin atau jampi-jampi yang maknanya tidak bisa difahami.
Pada masa itu, jimat adalah bandul yang biasa dikalungkan di leher anak kecil untuk menghindarkannya dari pengaruh jahat. Dan sekarang ini, bisa berupa gelang hitam pada anak kecil atau benda-benda lain yang digantung di depan pintu rumah atau di bagian depan kendaraan.
Pelet termasuk salah satu bentuk sihir. Al-ashma’i berkata, ‘pelet adalah sihir yang digunakan untuk membuat hati suami/istri agar selalu mencintai istri/suaminya’.

Bunga yang dapat dipetik

Dari hadist di atas kita dapat mengetahui bahwa meyakini kehebatan mantra, jimat dan pelet adalah syirik.

Imam Qurthubi berkata, ‘mantra (ruqyah) itu ada 3 macam :

mantra yang maknanya tidak bisa dicerna oleh akal. Mantra ini biasa digunakan oleh orang-orang jahiliyah. Kita tidak diperbolehkan membaca mantra-mantra ini karena di dalamnya mungkin terdapat kalimat-kalimat yang mengandung syirik atau mengantarkan seseorang pada perbuatan syirik.
ruqyah dengan menggunakan ayat-ayat Al-Qur’an atau asmaul husna. Ruqyah seperti ini diperbolehkan. Bahkan, dianjurkan jika itu merupakan doa yang pernah dilantunkan Nabi saw
mantra dengan menggunakan nama selain Allah, seperti nama malaikat, orang saleh, atau makhluk-Nya yang diagungkan seperti Arasy. Kita tidak diwajibkan untuk menjauhi mantra semacam ini, tapi kita juga tidak dianjurkan untuk membacanya. Karena mantra semacam ini tidak mengandung isyarat berserah diri kepada Allah. Tidak membacanya lebih baik daripada membacanya. Namun, jika di dalam mantra itu terdapat kata-kata yang mengagungkan nama-nama tersebut maka kita diwajibkan untuk menghindarinya, seperti bersumpah bukan dengan nama Allah Swt.