Jauh sebelum manusia diciptakan qadha dan qadarnya telah ditentukan Allah tetapi hal ini bukanlah berarti kita berdalih bahwa pada saat mengerjakan maksiat dan meninggalkan kewajiban adalah kehendak Allah.

Hal ini merupakan kesalahan besar karena kalau kemaksiatan adalah takdir kita maka Allah tidak akan membuat siksaan bagi pelakunya dan Allah tidak akan mengutus para Rasul-Nya sebagai pemberi peringatan dan pembawa kabar gembira sesuai dengan An-Nisa ayat 165.

dalam sebuah hadist dikatakan bahwa “setiap diri kalian telah ditulis (ditetapkan) tempatnya di surga atau di neraka” maka seorang sahabay bertanya “mengapa kita tidak pasrah saja, wahai Rasulullah saw?” maka beliau menjawab “tidak berbuatlah karena masing-masing akan dimudahkan pada apa yang dijadikan baginya, lalu beliau membaca surat Al-Lail ayat 4-7: sesungguhnya usaha kamu memang berbeda-beda. adapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa dan membenarkan pahala yang terbaik (surga) maka kami akan menyiapkan baginya jalan yang mudah”


Takdir manusia memang telah ditentukan tetapi bukan berarti kita hanya duduk manis mengharapkan takdir baik akan datang tapi berusahalah sebaik mungkin untuk merubah takdir buruk dan memancing datangnya takdir baik. ingat takdir buruk manusia bisa di ubah dengan doa.

saat kita telah berusaha namun tetap gagal juga yakinlah bahwa hal itu memang yang Allah telah tentukan untuk kita walaupun terkesan salah menurut kita.

Allah SWT selalu melakukan semua perkara dengan benar !
Cara Allah SWT selalu cara yang terbaik, walaupun kelihatannya semuanya salah
Jika anda memohon sesuatu dan menerima yang lain dari Allah SWT, Percayalah
Yakinlah bahwa Allah SWT senantiasa memberikan apa yang anda pinta pada waktu yang tepat
Apa yang anda pinta … tidak selalu apa yang dibutuhkan !
Allah SWT tidak pernah gagal memenuhi permintaan hamba-Nya, teruslah berdoa kepada-Nya tanpa ragu dan mengeluh
Duri hari ini … adalah bunga hari esok !
Allah SWT memberikan pilihan yang terbaik kepada mereka yang menyerahkan ketentuan kepada-Nya